Cara Meningkatan Kekebalan Tubuh Anak

sistem kekebalan tubuh atau imun sangat penting bagi anak dalam menjaga kesehatan tubuh. sistem kekebalan tubuh juga berperan sebagai pelindung seperti kuman, bakteri, virus, dan infeksi yang melibatkan sel dan organ pada organisme.


anak akan mudah terserang penyakit jika sistem kekebalan tubuh lemah karana akan memudahkan kuman, bakteri ataupun virus masuk dan berkembang.

Sistem imun adalah di dalam tubuh yang terdiri dari sel dan zat yang dihasilkan bekerja secara kolektif untuk melawan zat asing seperti kuman, bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.
sistem  kekebalan tubuh atau imun sangatlah penting apalagi bagi anak - anak sebab sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga mudah sekali terkena penyakit, disini peran orang tua sangatlah penting kerana tidak mungkin kan anak anak bisa merawat dirinya sendiri, untuk itu para orang tua harus tahu bagaimana merawat anak dengan baik dan siap siaga jika terjadi suatu hal.

salah satu cara mengatasi kekebalan tubuh anak yaitu dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh pada anak yang akan dijelaskan dalam artikel berikut ini

Seberapa Penting Imun pada Anak


Sistem imun merupakan perlindungan terhadap kesehatan anak dari kuman, bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun anak terdiri dari berbagai aspek yaitu hubungan aspek biokimia. Peranan dari imun pada anak untuk pertahanan tubuh dari benda asing sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

ketika pertama kali mikroorganisme masuk ke dalam tubuh selanjutnya reaksi ke dua dan ke tiga tubuh membentuk antibodi yang lebih cepat sehingga membutuhkan vaksinasi atau imunisasi.
Imunisasi terbagi menjadi dua yaitu imunisasi aktif dan imunisasi pasif. Imunisasi aktif memberikan kuman ataupun racun kuman yang dilemahkan sehingga merangsang tubuh melakukan antibodi sendiri sedangkan imunisasi pasif menyuntikan antibodi sehingga kadar meningkat di dalam tubuh anak.

Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh


Berikut ini adalah gangguan yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh :
Chediak Higashi Syndrome adalah gangguan  berhubungan dengan gangguan langka sehingga sindrom ini dapat mempengaruhi semua organ utama.
Common Immunodeficiency Variable adalah gangguan  yang berhubungan dengan jumlah antibodi rendah di dalam tubuh. Meskipun demikian banyak ditemukan pada orang dewasa.
Hives adalah gangguan  berhubungan dengan alergi pada wabah tertentu baik disebabkan makanan ataupun kontak tanaman tertentu.

Cara Meningkatkan Imun Pada Anak



1. Kurangi antibiotik

memberikan antibiotik yang terlalu sering kepada anak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya. kurangi memberi antibiotik ketika anak terkena penyakit ringan seperti pilek, flu atau sakit tenggorokan karena penyakit tersebit tidak membutuhkan antibiotik.

2. Memberikan Asi Eksklusif

memberikan Asi eksklusif sampai usia anak 6 bulan akan sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dan juga sebagai pelindung dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan pernapasan.

3. Bermain di Lingkungan Luar

anak - anak memang belum mengerti apa - apa ketika bermain dilingkungan luar mereka tidak bisa membedakan benda kotor dan bersih bahkan mereka cenderung bermain yang kotor - kotor, hal inilah yang biasanya membuat para ibu khawatir.

walau anak bermain dilingkungan yang akan terkena paparan kotor yang membantu dalam melacak jumlah patogen dalam melatih sistem imun akan tetapi di sisi lain akan berpotensi menguntungkan dan mendukung sel tubuh dalam memerangi infeksi.

4. Tidur yang Cukup

jangan sampai anak kurang untuk istirahat karena anak - anak biasanya cenderung melakukan aktivitas apapun yang menurut mereka membuat dirinya senang.

anak usia 3 sampai 12 tahu porsi tidur sehatnya adalah 10 jam setiap harinya, tidur yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak dan juga menurunkan resiko flu.

5. Banyak Tertawa

dengan hanya tertawa dapat meningkatkan imun anak, anak anak banyak sekali mendapat hiburan seperti melihat kucing bermain dengan mainanya dengan hanya begitu anak pun dengan mudah tertawa, biasanya orang tua menghibur anaknya supaya tertawa itu juga merupakan langkah yang cukup baik.

tertawa dapat meningkatkan imun anak karena dapat membantu dalam meningkatkan produksi sel yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam membunuh kuman flu dan pilek.

6. Hindarkan Polusi Udara

hindarkan anak - dari asap bahan kimia berbahaya, asap rokok, asap pembakaran. untuk para bapak sebaiknya jangan merokok berdekatan dengan anak kecil. karena dengan polutan tersebut dapat merusak silia rambut di dalam hidung yang berguna untuk menyaring masuknya benda asing.

7. Konsumsi Makanan yang Dapat meningkatkan kekebalan Tubuh

makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya adalah

susu kedelai yang memiliki kandungan flavonoid yang bisa menambah daya tahan tubuh, Madu yang merupakan sumber protein penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh,
 Ikan dan Telur mengandung seng yang dapat meningkatkan perkembangan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah inteligensi,
Prebiotik adalah bakteri baik di dalam pencernaan yang banyak terdapat makanan olahan seperti yogurt atau beberapa makanan seperti gandum, pisang, madu dan juga kacang-kacangan,
Vitamin C mampu  meningkatkan ketahanan tubuh anak dari infeksi dan juga menyembuhkan luka.
Itulah tadi cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak semoga bermanfaat. Share artikel ini supaya dapat bermanfaat untuk para orang tua lainnya.










2 Responses to "Cara Meningkatan Kekebalan Tubuh Anak"